Mengapa Harus Pakai Template Responsive Pada Blogger?

Sekedar memberi ilmu yang Wasiwa dapat dari sesepuh. Mengapa Wasiwa.com mengganti template responsive pada Blogger/ Blogspot? Hal itu tentu bukan berarti tidak beralasan atau hanya ingin website yang ringan serta minimalis saja. Ada alasan penting yang melatarbelakanginya, padahal template sebelumnya butuh perjuangan ber hari-hari untuk mengeditnya, tetapi sekarang telah tiada, kini tinggal sejarah yang telah Wasiwa abadikan.

Alasan pergantian template adalah karena mengikuti saran dari Google secara langsung tanpa melalui perantara. Pernahkah anda membuka blog beberapa blogger yang sukses, seperti Eka Lesmana, Mas Sugeng, Mas Yadi, dll. Apakah rahasi keberhasilan mereka? Jawabannya adalah "Manut". Mengapa? Karena, prinsip dasar untuk menjadi blogger yang baik adalah mengikuti semua peraturan yang telah di buat oleh Google. Karena blogger adalah milik Google, jadi anda harus mengikuti undang-undang yang dibuat oleh sesepuh ini.

Jika anda tidak mau manut, silahkan anda buat website sendiri, jangan pernah pake hosting blogger atau wordpress. Buat template sendiri atau bayar orang untuk membuatnya, belum lagi membeli hosting untuk menyimpan data-data anda. Selain ribet, juga membutuhkan keahlian yang khusus serta dana yang tidak sedikit. Silahkan anda pertimbangkan sendiri.

Jika anda ingin berhasil di blogger seperti tokoh-tokoh di atas, hanya dengan "Manut" lah solusinya. Jangan pernah berpikir cara instan, karena anda tidak sedang membuat mie, melainkan menarik peminat pembaca dengan memberikan informasi yang bermanfaat. Apakah Google menyarankan untuk menggunakan template responsive? Jawabannya IYA, Google mengenali tiga konfigurasi berbeda pada template anda. Berikut adalah tabel yang membandingkan tiga metode template tersebut:


METODE INDIKATOR
Url Sama HTML Sama
Desain web responsive Oke Oke
Desain web dinamis Oke Tidak
Url yang terpisah Tidak Tidak

Berdasarkan tabel di atas, Google menyediakan tiga pilihan untuk penggunanya. Wasiwa sendiri sebelumnya memakai template yang ke tiga yaitu Url yang terpisah. Karena prinsip "Manut" aturan Google tersebut-lah membuat blog ini harus berganti template. Google sendiri lebih menekankan untuk menggunakan template responsive karena bisa dibuka disemua perangkat, seperti dari Pc, tablet, hingga handphone. Berikut ini masing-masing penjelasan dari tabel di atas:

1. Desain Web Responsif
Menyajikan kode HTML yang sama pada URL yang sama, apa pun perangkat penggunanya (desktop, tablet, seluler, browser non-visual), namun dapat merender tampilan secara berbeda (dengan kata lain, “merespons”) berdasarkan ukuran layar. Desain responsif adalah pola desain yang sangat disarankan oleh Google.

2. Penyajian Dinamis
Menggunakan URL yang sama, apa pun perangkatnya, namun menghasilkan versi HTML yang berbeda untuk jenis perangkat berbeda berdasarkan pengetahuan server tentang browser pengguna.

3. URL yang Terpisah
Menyajikan kode yang berbeda untuk tiap perangkat, dan pada URL yang terpisah. Konfigurasi ini mencoba mendeteksi perangkat pengguna, lalu mengalihkan ke laman yang sesuai menggunakan pengalihan HTTP beserta header HTTP Vary. CATATAN: Google tidak mengutamakan format URL tertentu asalkan laman dan semua aset laman dapat diakses oleh semua agen pengguna Googlebot.

Alasan Penting Lainnya yang Membuat Anda Harus Menggunakan Template responsive adalah sebagai berikut:

1. Blog Anda Menjadi Cepat

Mari Flash back dulu sebentar, masih ingat dengan postingan sebelumnya tentang Google Analytic. Disana terdapat "Bounce Rate" atau rasio pentalan. Jika anda sudah mendaftar pada Google Analytic pasti tau hal ini. Apa hubungannya dengan kecepatan blog anda? Jika ada pengunjung yang visit ke blog anda tetapi karena blog anda berat, pengunjung merasa risih dan menutup blog yang sedang loading tersebut. Nahh itulah yang dimaksud dengan rasio pentalan. Semakin tinggi rasio pentalan blog anda, maka semakin buruk pula citra blog anda dimata pengunjung/ visitor. Cara menurunkan rasio pentalan yaitu dengan mempercepat loading blog anda, inilah makna dari saran mbah Google mengapa kita harus pakai template responsive.

Bagaimana cara mengecek kecepatan blog anda? Silahkan anda lihat di postingan sebelumnya disini Cara Cek Keceatan Blog. Anda juga bisa mengecek kecepatan dari blog Wasiwa disana, cara untuk meningkatkan kecepatan blog secara optimal akan dibahas dilain waktu, mengingat artikel ini sudah cukup panjang.

2. Blog Anda Menjadi SEO

Hal yang paling penting pertama kali adalah kualitas artikel anda. INGAT: jangan pernah copas, hal itu akan membuat blog anda di blokir oleh Google dari Search Engine. Hal yang paling penting kedua adalah SEO dan kecepatan blog. Dengan mengganti blog anda ke responsive tentu akan menambah SEO blog anda. Bagaimana cara mengecek atau mengetahui suatu blog itu SEO atau tidak? Silahkan anda cek di website terpercaya disini Chkme.com.

Disana akan menampilkan persentase dari SEO blog anda. Anda juga bisa mengecek blog wasiwa.com disana, dan lihat berapa SEO yang dihasilkan. Bahkan beberapa website bisa mencapai hingga 100% SEO. Hal itu tentu memerlukan keahlian khusus. Sebenarnya Wasiwa sendiri punya cara khusus untuk meningkatkan SEO blog, lagi-lagi karena artikel cukup panjang jadi akan dibahas dikemudian hari.

Bagi teman-teman yang mendapatkan manfaat dari artikel ini, mohon ingatkan Wasiwa nanti untuk menulis: cara mempercepat Blog dan meningkatkan SEO blog. Demikian artikel, Mengapa Harus Pakai Template Responsive Pada Blogger? Jika ada yang kurang jelas, silahlan bubuhkan saja melalui komentar. Terimakasih...

Sumber: http://www.wasiwa.com/2016/01/mengapa-harus-pakai-template-responsive.html

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: January 09, 2016

0 komentar:

Post a Comment