Google Analytic (Pengertian, Fungsi & Cara Kerja)

Bagi anda yang punya website/ blog tentu harus memahami Google Analytic. Itulah sebabnya anda harus mengenal lebih dekat Google Analytic. Apa itu Google Analytic? Sebelum membahas lebih jauh, pahami dulu Pengertian Google Analytic adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web/ blog. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Cara Kerja Google Analytics adalah untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/ blog anda. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/ blog dalam jangka waktu harian, mingguan, bulanan, dst.

Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Untuk mendaftar pada Google Analytic, seseorang hanya perlu memiliki akun Gmail.

Ketika anda pertama kali login/ membuka Google Analytic maka akan muncul gambar seperti dibawah ini. Untuk mengetahui maksud dari data tersebut, akan dibahas Fungsi Google Analytic satu per satu di bawah:


1. Sesi (Sessions)
Jumlah total Sesi dalam rentang tanggal. Sesi adalah periode waktu pengguna terlibat secara aktif dengan situs web Anda, aplikasi, dsb. Semua data penggunaan (Tampilan Layar, Peristiwa, E-niaga, dsb) dikaitkan dengan sesi. Total number of Sessions within the date range. A session is the period time a user is actively engaged with your website, app, etc. All usage data (Screen Views, Events, Ecommerce, etc.) is associated with a session.

2. Pengguna (Users)
Pengguna yang telah memiliki setidaknya satu sesi dalam rentang tanggal yang dipilih. Termasuk pengguna baru dan pengguna kembali. Baca tentang Cara penghitungan Pengguna di Google Analytics untuk informasi lebih lanjut. Users that have had at least one session within the selected date range. Includes both new and returning users.

3. Tayangan Laman (Pageviews)
Tayangan laman adalah jumlah total laman yang dilihat. Tampilan berulang satu laman akan dihitung. Pageviews is the total number of pages viewed. Repeated views of a single page are counted.

4. Laman/ Sesi (Pages/ Session)
Laman/Sesi (Kedalaman Laman Rata-rata) adalah jumlah laman rata-rata yang dilihat selama sebuah sesi. Tampilan berulang satu laman akan dihitung. Pages/ Session (Average Page Depth) is the average number of pages viewed during a session. Repeated views of a single page are counted.

5. Durasi Sesi Rata-rata (Average Session Duration)
Memperlihatkan bahwa rata-rata per hari atau per bulan lamanya durasi orang berkunjung ke website anda. Misalnya, jika setiap hari orang berkunjung ke website anda dan membaca artikel selama 1 menit, maka untuk menentukan satu bulan semuanya dijumlahkan lalu di bagi 30 hari. The average length of a Session.

6. Rasio Pentalan (Bounce Rate)
Rasio Pentalan adalah persentase kunjungan laman tunggal (yaitu kunjungan yang terjadi bila pengguna meninggalkan situs dari laman masuk tanpa melakukan interaksi dengan laman tersebut). Bounce Rate is the percentage of single-page visits (i.e. visits in which the person left your site from the entrance page without interacting with the page).

7. Sesi Baru (New Sessions)
Taksiran persentase kunjungan kali pertama. An estimate of the percentage of first time visits.

8. Visitor Berlangganan (Returning Visitor)
Lingkaran yang berwarna hijau menandakan bahwa persentase pengunjung yang selalu berlangganan membuka website anda.

9. Visitor Baru (New Visitor)
Lingkaran yang berwarna biru menunjukkan bahwa jumlah pengunjung baru setiap waktu yang membuka website/ blog anda.

10. Data Analytic Per Hari
Menunjukkan jumlah visitor website/ blog anda per hari, yaitu gabungan dari visitor baru dengan visitor berlangganan.

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: December 11, 2015

0 komentar:

Post a Comment