Ordo Primata Beserta Contohnya

Ordo Primata adalah vertebrata diakui berderajat paling tinggi karena mempunyai akal, pikiran, dan budaya. Terdiri dari sebelas (11) famili sebagai berikut :
  • Famili Cheirogaleidae (lemur kerdil) : Berukuran sangat kecil, hidup soliter, dan merupakan pemakan serangga. Contoh: Microcebus rufus (lemur kerdil merah).
  • Famili Lemuridae (Lemur) : Mempunyai moncong seperti anjing, mempunyai kuku yang panjang di jari kedua pad kakinya, dan susunan giginya seperi sisir. contohL Lemur catta (lemur ekor panjang bermotif cincin).
  • Famili Indridae (lemur pelompat) : Tidak mempunyai ekor, kaki belakangnya lebih panjang dari kaki depan, dan bergerak dengan melompat dari pohon ke pohon. Contoh: Indri indri yang berambut hitam dan putih.
  • Famili Daubentoniidae (Aye-aye) : Berwarna hitam, mempunyai sepasang gigi seri yang besar di setiap rahangnya, ibu jarinya berkuku pipih, mata dan telinganya besar. primata yang hidup soliter ini aktif pada malam hari. Contoh:Dabentonia madagascariensis.
  • Famili Loridae : agak mirip lemur, sebagian bertungkai dan berekor pendek (lorises) dan sebagian bertungkai dan berekor panjang (galagos). Contoh : Eoticus elegantulus.
  • Famili Tarsiidae (Tarsier) : Mirip galagos dan ekornya mirip tikus, mempunyai kaki belakang dengan bagian tarsalnya panjang, jari-jarinya panjang tidak berambut, mata dan telinganya besar, dan hidup berpasangan. Primate yng aktif pada malam hari ini banyak ditemukan di Indonesia. Contoh: Tarsius bancanus.
  • Famili Callitrichidae (Marmoset dan Tamarin) : Jari-jarinya berkuku kecuali ibu jarinya dan hidup berpasangan. Contoh: Callithrix pygmaea (marmoset).
  • Famili Cebidae (monyet dunia baru) : Dikenali dari bentuk hidungnya yang tulang hidungnya melebar dan lubang hidungnya menyamping. Primate yang menggunakan ekornya untuk berpegangan ini terdapat di hutan hujan Amerika. Contoh: Alouatta palliata.
  • Famili Cercopithecidae (monyet dunia lama) : Famili ini cenderung sebagai pemakan daun. Terdiri dari beberapa kelompok sebagai berikut. (1). Guenon, warna bulunya bervariai dan sangat indah, dan hidup di pohon yang tinggi. Contoh: Cercopithecus nictitans. (2). Baboon, hidup dalam kelompok yang besar. Contoh: Theropithecus gelada. (3). Macaca, banyak terdapat di Asia. Contoh: Macaca fascicularis. (4). Colobus/langur. Contoh: Semnopithecus entellus.
  • Famili Hylobatidae (Gibbon) : Bertubuh ramping, mempunyai kaki dan lengan yang panjang, dan hidup berpasangan. primata ini berpindah dari pohon ke pohon dengan cara bergelantungan. Contoh: Hylobates syndactylus (siamang).
  • Famili Hominidae : Famili ini terdiri dari tiga kelompok sebagai berikut: (1). Orang utan, mempunyai rambut merah tipis, warna kulitnya biru keabu-abuan, lengannya lebih panjang dari kakinya, dan lebih suka hidup sendiri. Contoh: Pongo pygmaeus. (2). Gorilla, merupakan primata paling besar, rambutnya berwarna hitam, bisa memanjat, daerah kening lebih menonjol, kulitnya hitam halus, dan lubang hidungnya melebar ke atas. Contoh: Gorilla goriila. (3). Simpanse, mirip gorilla tetapi lebih kecil dan hidup dan kelopok besar. Contoh: Pan troglodytes.

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: April 09, 2015

0 komentar:

Post a Comment