Ordo Karnivora dan Jenis Familinya

Carnivora adalah suatu golongan hewan pemakan daging yang merupakan suatu  ordo atau bangsa Mamalia dan bagian dari komponen konsumen ekosistem. Ordo Carnivora terdiri dari sebelas (11) famili sebagai berikut :
  • Famili Canidae : Cirinya mempunyai 2 gigi geraham di setiap rahangnya dan telinganya berbentuk tirus. Famili ini hidup di padang rumput dan biasa mengejar mangsanya. Terdiri dari jenis anjing, rubah, seri\gala, dan rubah bertelinga kelelawar (rubah pemakan serangga). Contoh: Canis rufus (serigala merah).
  • Famili Mustelidae : Ciri khasnya adalah kelenjar bau di sekeliling anusnya yang menghasilkan bau yang sangat tajam, bahkan dari jarak yang sangat jauh. Mempunyai 5 jari di setiap kakinya, kukunya tidak rekraktil, dan tidak mempunyai gigi geraham kedua (premolar) di rahang atasnya. Famili ini tersebar luas dimana-mana. Terdiri atas beberapa kelompok sebagai berikut: (1). Musang, mempunyai telinga bulat dan pendek, tubuh panjang berbentuk silinder, dn kakinya pendek. Contoh: Mustela nivalis. (2). Luak, umumnya bertubuh pendek dan gemuk, kakinya pendek, rahangnya sangat besar dan bertautan yang mendukung fungsi gigi penghancurnya. Contoh: Meles meles. (3). Sigung, berwarna hitam dan putih, dan pemakan serangga.
  • Famili Otariidae (Singa Laut) : Karnivor ini menghabiskan waktunya di air dan hanya naik ke darat untuk berkembang biak. Contoh: Neophoca cinerea.
  • Famili Odobenidae (Walrus atau beruang laut) : Mempunyai taring panjang, tubuhnya bulat dan padat, kulitnya berwarna cokelat berkeriput, berambut jarang, dan hidup berkelompok.
  • Famili Phocidae (Anjing Laut) : Tidak mempunyai telinga luar dan kaki belakangnya berupa sirip ekor. Contoh: Phoca hispida.

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: April 09, 2015

0 komentar:

Post a Comment