Penyebab Punahnya Dinosaurus Berhasil Diungkap Ilmuan New York


Michael Rampino, Ilmuwan dari New York University percaya bahwa kepunahan dinosaurus disebabkan Bumi bergerak melewati area dark matter. Wilayah yang juga dikenal materi gelap ini membuat serangan komet hingga kemudian membunuh dinosaurus. Profesor biologi Michael Rampino yakin bahwa ada periode tertentu Bumi melewati area materi gelap yang terkonsentrasi.

Fenomena tersebut memberikan dampak besar pada geologi dan biologi Planet Bumi. Meskipun tidak terlihat, ilmuwan percaya bahwa materi gelap ada dan memiliki dampak sangat besar di alam semesta. Rampino meyakini bahwa materi gelap mengubah orbit komet dan menyebabkan pemanasan tambahan pada inti Bumi yang dapat memicu gunung api serta fenomena kepunahan massal. Ilmuwan menjelaskan, Bumi bergerak di sekitar cakram galaksi (galactic disc), sebuah wilayah di Bima Sakti.

Setiap 30 juta tahun sekali Bumi mendekati pusat keramaian dalam cakram tersebut, dan secara teoritis terdapat lebih banyak materi gelap. Rampino mengungkapkan bahwa periode 30 juta tahun itu berkolerasi dengan waktu, yakni serangan komet terjadi dan kepunahan massal. Serangan komet 66 juta tahun tersebut lalu menyebabkan kepunahan dinosaurus.

"Kita cukup beruntung untuk hidup di planet yang sangat ideal untuk pengembangan kehidupan yang kompleks. Tapi sejarah Bumi diselingi oleh skala kepunahan besar, beberapa di antaranya kami berjuang untuk menjelaskan. Ini mungkin materi gelap, sifat dasar yang masih belum jelas, tetapi membuat sekira seperempat dari alam semesta," kata Rampino, seperti dikutip dalam Okezone.com, Senin (23/2).

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: February 23, 2015

0 komentar:

Post a Comment