Haul Truck, Alat Angkut Raksasa Hasil Tambang

Haul Truck adalah alat berat yang digunakan untuk mengangkut hasil tambang. Alat ini digunakan oleh salah satu perusahaan pertambangan Indonesia yaitu PT. Newmont Nusa Tenggara.  Banyak perusahaan tambang kelas dunia, memelihara truck ini mengingat kemampuan yang sangat hebat, bahkan PT. Freeport juga memelihara mereka sebagai kendaraan angkut operasional mereka.

Bagaimana tidak, dengan melihat spek mesin, ukuran body, dan daya angkut Caterpillar 797 memang sangat mencengangkan, apalagi kita sebagai orang awam yang biasa melihat truck-truck yang sering berseliweran di jalan dan menurut kita sudah paling besar.

Mesin diesel digunakan pada alat ini dengan konfigurasi V12 atau mempunyai 24 silinder piston, yang dapat menghasilkan tenaga sampai dengan 3211 hp 2394 Kw, jadi beban angkut yang bisa dibebankan kedalam truck ini adalah 360 ton, dengan kecepatan maksimal dengan muatan dapat mencapai 60 km/perjam, untuk memperoleh tenaga besar seperti ini truck ini diharuskan mengkonsumsi solar sebanyak 250 liter perjamnya.

Ukuran tinggi dengan muatan sekitar 7.2 meter, dengan panjang 14.05 meter, operasional untuk kendaraan ini 24 jam, 365 hari per tahun, dan mesin akan berhenti apabila waktu perawatan tiba, biasanya satu tahun sekali, bisa dibilang selama setahun monster ini terus bertugas penuh.

Selain rekor dunia sebagai kendaraan angkut terbesar, truck ini juga mencatatkan sebagai ban terbesar dan termahal di dunia, betapa tidak bannya khusus dirancang oleh Michelin dengan ukuran diameter 4.028 meter, dengan berat 5.3 ton, dengan harga kira-kira Rp.420.000.000/ban

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: December 10, 2014

0 komentar:

Post a Comment