Contoh Mamalia Ordo Marsupialia

Ordo Marsupialia adalah mamalia dimana mamalia betina memiliki marsupium (kantong perut). Mereka berbeda dari mamalia Eutheria pada sifat reproduksi. Hewan betina memiliki dua vagina yang keduanya terbuka secara eksternal melalui satu lubang tetapi membawa ke ruang terpisah pada uterus.

Sedangkan, yang jantan biasanya memiliki dua cabang penis. Penis hanya memberikan semen. Marsupial memiliki kloaka. Beberapa hewan yang termasuk marsupial adalah kangguru dan koala.

Kelas Theria atau Marsupialia (Hewan Berkantung) merupakan salah satu contoh ordo Marsupialia. Marsupialia adalah ordo diprotodonta. Mamalia berkantung yang di kelompokkan ke dalam ordo ini adalah mamalia yang makanannya sebagian besar tumbuhan (herbivore) dan memiliki 2 pasang gigi seri pada rahangnya. Ordo Diprotodonta di bagi menjadi beberapa family antara lain:

1. Family Phalangeridae (kuskus & brushtail possums). Ciri-ciri: Berukuran sedang, Berat antara 1-6,5 kg, Herbivora dan omnivore, Memiliki ekor yang dapat melilit atau melingkar, Banyak terdapat di hutan tropis, Terdiri dari 6 genus dan kurang lebih 21 spesies. Contoh : Phalanger gymnotis, Spilococus rufoninger

2. Family Burramyidae. (pygmy possums).Ciri-ciri: Berukuran sangat kecil. Berat 10-60 gram. Memakan serangga, biji-bijian, nektar, dan serbuk sari, Tersebar di beberapa hutan di Australia dan Papua New Guinea. Terdiri dari 2 genus dan kurang lebih 5 spesies. Contoh : Cercardetus caudatus (Possum kerdil), Possum pennatus (Possum ekor bulu).

3. Family Petauridae. (gliders & striped possums). Ciri-ciri: Berukuran kecil. Berat 70-700 gram. Memakan hewan invertebrate, nektar, dan tanaman. Memiliki selaput peluncur pada bagian depan dan belakang otot, Dapat dikenali dengan warna
belang pada tubuhnya, Terdiri dari 1 genus dan 6 spesies. Contoh: Dactylopsila megalura, Dactyolopsila palpator, Dactylopsida tatei.

4. Family Pseudocheiridae (ringtail possums). Ciri-ciri: Berukuran kecil. Berat 100 g-2,2 kg, Tersebar di hutan Australia dan papua new guinea, Mempunyai ekor cincin yang paling besar seperti kuskus tapi ekornya berbulu pada ujungnya, Nama ekor cicin diberikan karena kebiasaan hewan ini tidur menggulungkan ekornya didepan
tubuhnya, tapi kuskus juga tidur dengan cara yang sama. Contoh: Pseudocheirus canescens, Pseudocheirus albertisi, Pseudochorus mayeri.

5. Family Macropodidae (kanguru & wallaby) Ciri-ciri: Tinggi dapat mencapai 2 M, Berat dapat mencapai 80 kg, Merupakan family terbesar marsupial terdiri dari 54 spesiesdan 11 genus. Contoh: Dendrologus dorinus, Dorcopis muelleri.

Terdapat tiga tiga Jenis Ordo Marsupialia Kanguru atau Kangguru:

1. Kanguru Merah: Kanguru Merah adalah hewan marsupial terbesar yang masih hidup. Apabila berdiri tingginya dapat mencapai lebih dari 2 meter dan bobotnya mencapai 90 kg. Kanguru jenis ini biasanya bergerak dalam kelompok besar. Mereka tidur di kala siang yang hawanya paling panas. Apabila tidak ada air, mereka akan mencari kelembaban dari tumbuhan hijau. Mereka juga hanya akan berkembangbiak apabila ada hujan dan tumbuh tanaman baru.

2. Kanguru Abu-abu Timur: Kanguru Abu-abu Timur dapat ditemukan di daerah subur Australia bagian timur.

3. Kanguru Abu-abu Barat: Kanguru Abu-abu Barat dapat ditemukan di Australia bagian barat, Australia bagian selatan yang dekat dengan pantai dan basin Sungai Darling. Kanguru Abu-abu sangat banyak jumlahnya. Mereka hidup di hutan-hutan eukaliptus yang terbuka dan di daerah berumput. Mereka memakan rumput.

4. Kanguru pohon sebagian besar masa hidupnya ada di pohon. Sekalipun begitu satwa tersebut juga sering turun ke tanah, misalnya bila sedang mencari air minum. Moncong kanguru pohon bentuknya lebih runcing jika dibandingkan dengan moncong kanguru darat. Ekornya agak panjang dan bulat, berbulu lebat dari pangkal sampai ekornya.

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: December 29, 2014

0 komentar:

Post a Comment