Bucket Wheel Excavator Alat Pertambangan Batubara

Bucket Wheel Excavator (BWE) adalah alat super berat yang digunakan di tambang terbuka. BWE terbesar (MAN Takraf RB293) juga menyandang  gelar sebagai alat bergerak terbesar yang pernah diciptakan manusia. BWE paling efektif digunakan di tanah lembek yang tidak banyak mengandung batuan keras.

Komponen utama BWE adalah roda berputar besar yang dipasang pada sebuah lengan raksasa. Ujung roda ini kemudian dipasangi semacam ember besi (bucket) dengan gigi-gigi logam dipinggiran bucket yang digunakan untuk menggali tanah.

Bucket ini terus berputar seiring putaran roda (wheel) yang kemudian dirancang untuk menumpahkan muatannya pada sabuk berjalan (belt conveyor) yang terdapat di badan BWE BWE paling sering digunakan di tambang batubara.

Perusahaan Indonesia yang mengoperasikan BWE adalah PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA), digunakan untuk menambang cadangan batubara di Airlaya. Sedang negara yang banyak menggunakan BWE adalah Jerman

Alat ini  menjadi lumrah ketika BWE terbesar  dimiliki Jerman. BWE terbesar ini dibuat dengan biaya sekitar US$ 100 juta, membutuhkan 5 tahun pengerjaan serta memerlukan 5 orang untuk mengoperasikannya.  (ws/wb)

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: December 10, 2014

0 komentar:

Post a Comment