Video dan Lyric Lagu Mahabharata ANTV - Hai katha Sangram Ki

Video Lagu Mahabrata -- Mahabharata adalah sebuah karya sastra ditulis oleh Begawan Byasa atau Vyasa dari India. Buku ini terdiri dari delapan belas kitab, maka dinamakan Astadasaparwa (asta = 8, dasa = 10, parwa = kitab). Namun, ada pula yang meyakini bahwa kisah ini sesungguhnya merupakan kumpulan dari banyak cerita yang semula terpencar-pencar, yang dikumpulkan semenjak abad ke-4 sebelum Masehi. Secara singkat, Mahabharata menceritakan kisah konflik para Pandawa lima dengan saudara sepupu mereka sang seratus Korawa, mengenai sengketa hak pemerintahan tanah negara Astina. Puncaknya adalah perang Bharatayuddha di medan Kurusetra dan pertempuran berlangsung selama delapan belas hari.

Untuk Videonya silahkan putar dibawah ini yang telah disertai dengan lyric dalam versi latin juga sehingga lebih mudah untuk dibaca. Untuk lagunya saja bisa di d0wnl0ad DISINI

http://www.youtube.com/watch?v=zZbSNk5cpoo

Untuk lyric dalam Berbagai versi bisa dilihat dibawah ini:

Karya sastra lain yang juga terkenal adalah Kakawin Bharatayuddha, yang digubah oleh mpu Sedah dan belakangan diselesaikan oleh mpu Panuluh (Panaluh). Kakawin ini dipersembahkan bagi Prabu Jayabhaya (1135-1157 M), ditulis pada sekitar akhir masa pemerintahan raja Daha (Kediri) tersebut. Di luar itu, mpu Panuluh juga menulis kakawin Hariwangśa pada masa Jayabaya, dan diperkirakan pula menggubah Gaţotkacāśraya pada masa raja Kertajaya (1194-1222 M) dari Kediri.

Beberapa kakawin lain turunan Mahabharata yang juga penting untuk disebut, di antaranya adalah Kŗşņāyana (karya mpu Triguna) dan Bhomāntaka (pengarang tak dikenal) keduanya dari zaman kerajaan Kediri, dan Pārthayajña (mpu Tanakung) di akhir zaman Majapahit. Salinan naskah-naskah kuno yang tertulis dalam lembar-lembar daun lontar tersebut juga diketahui tersimpan di Bali.

Di samping itu, mahakarya sastra tersebut juga berkembang dan memberikan inspirasi bagi berbagai bentuk budaya dan seni pengungkapan, terutama di Jawa dan Bali, mulai dari seni patung dan seni ukir (relief) pada candi-candi, seni tari, seni lukis hingga seni pertunjukan seperti wayang kulit dan wayang orang. Di dalam masa yang lebih belakangan, kitab Bharatayuddha telah disalin pula oleh pujangga kraton Surakarta Yasadipura ke dalam bahasa Jawa modern pada sekitar abad ke-18.

Terimakasih kepada: Youtube, Wikipedia Indonesia, Soundcloud dan pihak-pihak lain yang terkait.

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: June 12, 2014

8 komentar:

  1. AnonymousJune 13, 2014

    makasih mas,,hehehe smoga blognya tambah jaya aj mas..

    ReplyDelete
  2. AnonymousJune 13, 2014

    mantapsss gan....

    ReplyDelete
  3. AnonymousJune 13, 2014

    very gooodddsssss...

    ReplyDelete
  4. mahabarata aku fans mu bima

    ReplyDelete
  5. thanksss broooowwwwww..........

    ReplyDelete