Mahabharata Rahasia kemenangan Arjuna dalam Pertempuran

Mahabharata : Letak keberhasilan Arjuna

Arjuna adalah seorang anak yang merupakan anugrah dari Deva Indra, dimana Deva Indra merupakan Deva yang menghuni surga. Kecakapan, ketenaran, kecerdasan, dedikasi dan potensi dan dimiliki Arjuna tidak semata-mata anugrah dari Deva semata. Saat usianya telah memasuki masa pelatihan senjata guru Drona, ia telah memiliki potensi yang membuat kagum guru Drona dan mengatakan bahwa "Arjuna, Kau akan menjadi pemanah terbaik dunia, itulah janjiku".

Arjuna selalu mengingat setiap perkataan guru Drona yang mengatakan bahwa "Manusia yang layak disebut sebagai seorang murid adalah ia yang tidur seperti seekor anjing, karena hanya dengan itulah ia akan dapat mencapai kesuksesan". Artinya Manusia yang menghabiskan waktu tejaga lebih banyak dari pada tidur ia akan mudah mencapai kesuksesan.

Saat sebelum perang mengalahkan raja Drupada, Arjuna bahkan tidak tidur selama 1 bulan dan menghabiskan waktu senggangnya untuk melakukan meditasi. setelah Arjuna menang dalam pertempuran kemudian ia pun tidur sambil menunggangi kuda dan itupun tidak lama. Bahkan saudaranyapun merasa heran kepadanya dan Bima berkata "Bagaimana mungkin adik Arjuna bisa tidur sambil mengendarai kuda, hanya dia satu2nya orang yang bisa seperti itu, bahkan ia bisa tidak tidur selama satu bulan penuh"

Arjuna mendengar yang dikatakan oleh Bima dan ia menjawab "Keberhasilan seseorang terletak pada lebih banyak menghabiskan waktu terjaga dari pada tidur, itulah yang dikatakan oleh guru kita"

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: June 06, 2014

3 komentar:

  1. AnonymousJune 13, 2014

    kesabaran arjuna memang patut nuntuk ditiru...

    ReplyDelete
  2. AnonymousJune 13, 2014

    sangat langka ada manusia seperti arjuna

    ReplyDelete
  3. apakah ada orang yang puasa dan mengutamakan meditasi dijaman sekarang?

    ReplyDelete