Agama Adalah Humanisme dan Agama Adalah Dehumanisasi

Pengertian Tentang Agama
Pertama awali dengan memahami pengertian tentang Agama. Agama merupakan doktrin yang diturunkan kepada kita sejak kita masih kecil. dimana kita masih belum tau apa-apa.

Agama Adalah Humanisme
Humanisme. baik sebagai aliran atau pemikiran, mempunyai tujuan dasar yaitu "Memanusiakan Manusia itu sendiri". Prinsip dasar bagi orang yang menganutnya adalah "Hilangkanlah segala sesuatu yang membuat sekat karena perbedaan apapun”. Humanisme tidak pandang dari mana asal seseorang, kaya atau miskin, warna kulit, budaya, suku maupun agamnaya.

Agama Adalah Dehumanisasi
Dehumanisasi bertolak dari ajaran ataupun ideologi dari "Humanisme". Dehumanisasi adalah proses dimana memperlakukan manusia secara tidak manusiawai. dalam prakteknya, Agama sering digunakan sebagai alasan terjadinya Dehumanisasi.

Kaitan Agama, Humanisme dan Dehumanisasi
Agama. Dewasa ini, banyak orang mulai meninggalkan agama. banyak orang menjadi "Atheis", banyak orang mulai menjalani hidup "Sekular". ini dikarenakan agama saat ini hilang pamornya yang diakibatkan oleh agama itu sendiri. agama satu dan yang lainnya mulai menyalahkan dan menganggap agamanya adalah yang paling benar.

Dari situ akan terjadi proses "Dehumanisasi" yang bertolak belakang dari "Humanisme". agama saat ini mulai mengalami disintegrasi kultur. Agama yang katanya lebih mementingkan Sisi kemanusiaan, nyatanya menjadi suatu doktrin yang menjadi proses Dehumanisasi.

Manusia lebih mementingkan Agama (membela agama masing-masing) dari pada mementingkan sisi kemanusiaan manusia. Seseorang yang fanatik terhadap agama, bisa menimbulkan suatu faham yang salah faham. dimana mereka menggunakan agama sebagai alasan untuk melakukan aksi anarkis (Dehumanisasi).

Banyak contoh nyata, yang benar-benar real. Munculnya para teroris, Perang-perang agama di belahan dunia. dari contoh atau kasus di atas dapat disimpulkan bahwa agama adalah satu penyebab tersebar proses "Dehumanisasi" terjadi (Tengky Widjanarkoe).

Lalu, Bagaimanakah Tangggapan Anda?

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: June 12, 2014

2 komentar: