Sistem Pencernaan Ikan Bandeng

Proses pencernaan ikan sama dengan vertebrata lainnya. Namun ikan memiliki beberapa variasi,terutama dalam hubungannya dengan cara makan,  pada umumnya ikan bernafas dengan ingsang dengan cara memasukan air ke dalam mulut hingga melewati  ke ingsang dan  sekaligus menyaring oksigen yang terlarut dalam air, namun tidak semua ikan bernafas dengan ingsang ada juga bernafas dengan paru-paru misalnya ikan paus dan lumba-lumba. Bagian-bagian ikan bandeng adalah otak, alat pencernaan, limpa, gonad, ginjal pilorik kaeka, gelembung renang, jantung, hati, kantong empedu fujiya (2004).

Fungsi lambung ikan bandeng (Chanos chanos) adalah menyimpan makanan dalam jumlah yang sangat besar setelah hewan selesai makan, mengaduk makanan dengan sekresi (getah lambung), dan pengosongan lambung, dan memasukan isinya kedalam usus. Panjang usus pada ikan bandeng yang kami peroleh yaitu 334 cm, maka dapat disimpulkan bahwa ikan tersebut menunjukan ikan herbivora atau ikan yang sumber makannya berasal dari tumbuh-tumbuhan.

 Makanan dicerna oleh ikan dan diserap sebagai sari makanan, dan yang tidak dapat dicernakan dikeluarkan sebagai fase.  Sari makanan itu diedarkan keseluruh bagian tubuh.  Anus merupakan ujung dari saluran pencernaan, sisa-sisa metabolisme dikeluarkan lewat anus, pada ikan bertulang sejati anus terletak disebelah depan saluran genital Effendy, (1979).

Ada segolongan ikan selain menghisap hawa dengan insangnya ada juga yang dapat mengambil hawa dari udara karena mempunyai alat yang disebut ’’ Labyrint ’’ dan bekerja seperti paru-paru ikan-ikan ini bila berada diluar air tidak segera mati, Pada kloaka adalah ruang yang bermuaranya saluran pencernaan dan saluran urogenital (Achjar, 1986).

Seluruh pencernaan pada ikan berturut-turut dari awal makanan masuk ke mulut adalah sebagai berikut: mulut-faring-asofogus-lambung-pilorus-usus-anus. Dalam baberapa hal ditemukan adaptasi alat-alat tersebut terhadap makan dan kebiasaan makannya.pada ikan dengan seluruhpencernaan ini, pencernaan dan makananya  dibantu dengan lengkapnya hati dan pancreas. (Effendie,2002)

Sumber:
  • Sutoyo, 2007,Anatomi Komparativa. Penerbit Alumni, Bandung
  • Suyanto. 2009. Morfologi Ikan Bandeng. Penebar Swadaya, Jakarta
  • Sjafei. 1989. Epaksial Dan Hipaksial. P.T Gramedia, Jakarta
  • Anonymous. Cara makan ikan bandeng (http://deradesrita.blogspot.com/2011/11/ikan-bandeng-chanos-chanos.html)
  • Annonimous. Morfologi ikan bandeng http://pengembangan penyuluhansinjai. blogspot. com /2012 /01/pengolahan-bandeng-tanpa-duri.html
  • Anonymous. Sistem rangka ikan bandeng (http://pade mawu. nblogspot. com/2013 /05 /ikan- bandeng.html)
  • Annonimous. Anatomi ikan bandeng (http://deradesrita.blogspot.com/2011/11/ikan-bandeng-chanos-chanos.html)

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: January 23, 2014

1 komentar:

  1. My brother suggested I might like this blog. He was entirely right.
    This post actually made my day. You cann't imagine simply how much time I had spent for
    this info! Thanks!

    Feel free to surf to my blog - Fashion Story Country Girl Hack

    ReplyDelete