Sistem Anatomi Ruminansia

Lambung hewan ruminansia memiliki empat ruang. Ketika sapi pertama-tama mengunyah dan menelan semulut penuh rumput, bolus (tanda panah berwarna terang) memasuki:

  • Rumen, 
  • Retikulum, dimana prokariota dan protista simbiotik (khususnya ciliata) bekerja pada bahan makanan yang kaya selulosa itu. Sebagai hasil sampingan metabolismenya, metabolisme itu mensekresikan asam lemak. Sapi itu secara periodik mengunyah kembali (memamah biak) mamahan (tanda panah putus-putus berwarna terang) yang selanjtnya dipecah lebih lanjut menjadi serat, sehingga lebih dapat diakses oleh kerja mikroba. Sapi kemudian menelan kembali mamahan (tanda panah berwarna hitam) yang bergerak ke,
  • Omasum, dimana air dikeluarkan. Mamahan itu, yang mengandung banyak sekali mikroorganisme, akhirnya akan lewat ke,
  • Abomasum untuk dicerna oleh enzim sapi itu sendiri (tanda panah putus-putus berwarna hitam). Karena kerja mikroba itu, makanan dari mana seekor ruminansia sesungguhnya menyerap nutriennya menjadi jauh lebih kaya dibandingkan dengan rumput yang semula dimakan oleh hewan itu. Pada kenyataannya, seekor hewan ruminansia yang memakan rumput atau jerami mendapat banyak nutrien yang dibutuhkannya, dengan cara mencerna  mikroorganisme simbiotik, yang berkembang bika cukup cepat dalam rumen untuk mempertahankan suatu populasi yang stabil (Campbell, 2003).

Daftar Pustaka
  • Nugroho, Achmad Ragil Ponco dan Andy. 2012. Estimasi Suplai Protein Mikroba Pada Ternak Kambing Dengan Tingkat Konsumsi Berbeda Berdasarkan Ekskresi Turunan Purin Pada Urin. Jurnal Agrisistem (8) 1: 36-43.
  • Sarwono, B. Beternak Kambing Unggul. Yogyakart: Penebar Swadaya. 1993.
  • Anonymous, 2009. Sistem Pencernaan Herbivora (online) http://erwinvetsurgery.blogspot.com. diakses tanggal 19 Desember 2013 pukul 20:20.
  • Anonymous, 2011. Proses pencernaan pada hewan mamah biak ruminansia (online) http://sugandanyalirawae.wordpress.com. diakses tanggal 19 Desember 2013 pukul 20:20.

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: January 24, 2014

0 komentar:

Post a Comment