Pengertian Komputer Berdasarkan Aslinya

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer merupakan jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh mahasiswa. Lebih lanjut, komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan teknologi yang pesat saat ini telah memungkinkan komputer memuat dan menayangkan beragam bentuk media di dalamnya.


Saat ini teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai sarana komputasi dan pengolahan kata (word processor) tetapi juga sebagai sarana belajar multimedia yang memungkinkan mahasiswa membuat desain dan rekayasa suatu konsep dan ilmu pengetahuan. Sajian multimedia berbasis komputer dapat diartikan sebagai teknologi yang mengoptimalkan peran komputer sebagai sarana untuk menampilkan dan merekayasa teks, grafik dan suara dalam sebuah tampilan yang terintegrasi. Dengan tampilan yang dapat mengkonbinasikan berbagai unsur penyampaian informasi dan pesan, komputer dapat dirancang dan digunakan sebagai media teknologi yang efektif untuk mempelajari dan mengajarkan materi perkuliahan yang relevan, misalnya rancangan grafis dan animasi.

Multimedia berbasis komputer dapat pula dimanfaatkan sebagai sarana dalam melakukan simulasi untuk pelatihan keterampilan dan kompetensi tertentu. Penggunaan multimedia berbasis komputer adalah tampilan multimedia dalam bentuk animasi yang memungkinkan mahasiswa pada jurusan eksak seperti matematika, fisika, biologi dan kimia melakukan percobaan tanpa harus berada di laboratorium selain itu, juga berperan penting dalam pembuatan animasi religius seperti little krisna, aksara om, symbol swastika dll.

Perkembangan teknologi komputer saat in telah membentuk suatu jaringan (network) yang dapat memberi kemungkinan bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan sumber belajar secara luas. Jaringan komputer berupa internet dan web telah membuka akses bagi setiap orang untuk memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan terkini dalam bidang akademik mereka masing-masing. Diskusi dan interaksi keilmuan dapat terselenggara melalui tersedianya fasilitas internet dan web di kampus.

Penggunaan internet dan web tidak hanya dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap kegiatan akademik mahasiswa, tapi juga bagi guru/dosen. Internet dan web dapat memberika kemungkinan bagi pendidikan untuk menggali informasi dan ilmu pengetahuan dalam mata ajar yang menjadi bidang tumpuannya.

Melalui penggunaan internet dan web, pendidik akan selalu siap mengjarkan ilmu pengetahuan yang mutakhir kepada peserta didik. Hal ini tentu saja menuntuut kemampuan pendidik itu sendiri untuk selalu giat mengakses website dalam bidang yang menjadi keahliannya. Hal ini sejalan dengan definisi Pannen (2003) mengenai media dan teknologi pembelajaran di sekolah dalam arti luas yang mencakup perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan sumberdaya manusia (humanware) yang dapat digunakan untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa.

Sumber:
  • Anynomous. 2013. Komputer (Online). http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer. Diakses pada tanggal 05 Desember 2013
  • Fitri. 2013. Makalah Pemanfaatan Komputer Sebagai Media Pembelajaran (Online). http://makalahkomputerfitri.blogspot.com. Diakses pada tanggal 05 Desember 2013
  • Sumarno. 2012. Manfaat Komputer Dalam Dunia Pendidikan (Online). http://elearning.unesa.ac.id. Diakses pada tanggal 05 Desember 2013

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: January 23, 2014

0 komentar:

Post a Comment