Pengertian Hewan Ruminansia

Ruminansia adalah kelompok hewan mamalia yang bisa memah (memakan) dua kali sehingga kelompok hewan tersebut dikenal juga sebagai hewan memamah biak. Dalam sistem klasifikasi, manusia dan hewan ruminansia pada umumnya mempunyai kesamaan ciri dari sistem pencernaan hewan ruminansia dan manusia. silahkan dibaca disini Contoh hewan ruminansia dalam kehidupan sehari-hari


Hewan Ruminansia



Alat pencernaan (Apparatus digestorius) terdiri atas saluran pencernaan (Tractus alimentarius) dan organ pembantu (Organa accesoria). Dilihat dari anatomi alat pencernaan, terdapat tiga kelompok hewan yakni kelompok hewan berlambung jamak (polygastric animals) antara lain sapi, kerbau, rusa, domba, kambing dan kijang, kelompok hewan berlambung tunggal (monogastric animals) antara lain manusia, anjing, kucing, babi, kuda dan kelinci, dan hewan yang berlambung jamak semu (pseudo polygastric animals) antara lain ayam, bebek, angsa, dan burung. Hewan yang berlambung jamak dikelompokkan sebagai ruminansia dan yang berlambung tunggal dikelompokkan ke dalam non ruminansia. Unggas yang merupakan hewan berlambung jamak semu (pseudo ruminants) dikelompokkan ke dalam non-ruminansia.

Ternak ruminansia merupakan salah satu ternak yang memiliki sistem pencernaan yang kompleks dibandingkan ternak lain. Hal ini  terlihat dari kemampuan rumi-nansia dalam memproduksi protein mikroba dalam rumen.  Dimana protein mik-roba berperan  besar terhadap ketersediaan total protein yang tersedia bagi ternak yang akan dimanfaatkan untuk kebutuhan ternak itu sendiri (Nugroho, 2013).

Daftar Pustaka
  • Arora, S.P. 1982. Pencernaan Mikroba pada Ruminansia. Gajah Mada
    University Press, Yogyakarta. 
  • Campbell, Neil. A. 2003. Biologi Edidi Kelima Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
  • Melly, Hatulhasanah. Perbedaan Hewan Ruminansia dan Non Ruminansia. http://mellyhatulhasanah.blogspot.com/2011/11/perbedaan-hewan-ruminansia-dan-non.html. 2011.  Diakses pada tanggal 27 Desember 2013. 
  • Nugroho, Achmad Ragil Ponco dan Andy. 2012. Estimasi Suplai Protein Mikroba Pada Ternak Kambing Dengan Tingkat Konsumsi Berbeda Berdasarkan Ekskresi Turunan Purin Pada Urin. Jurnal Agrisistem (8) 1: 36-43. 
  • Sarwono, B. Beternak Kambing Unggul. Yogyakart: Penebar Swadaya. 1993. 
  • Anonymous, 2009. Sistem Pencernaan Herbivora (online) http://erwinvetsurgery.blogspot.com. diakses tanggal 19 Desember 2013 pukul 20:20. 
  • Anonymous, 2011. Proses pencernaan pada hewan mamah biak ruminansia (online) http://sugandanyalirawae.wordpress.com. diakses tanggal 19 Desember 2013 pukul 20:20.

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: January 24, 2014

0 komentar:

Post a Comment