Ordo Malacopterygii Spesies Ikan Bandeng (Chanos-chanos)

Secara garis besar tubuh ikan bandeng (Chanos-chanos) tersusun atas tiga bagian, yaitu kepala, batang tubuh dan ekor. Pada tubuh ikan yaitu berbentuk simetri, yaitu terdiri atas dua belahan yang sama, apabila tubuh dibela dua menjadi dua belahan yang sama, dari kepala ke sampai ekor dengan arah punggung perut. Pada ujung depan terdapat mulut, ditas mulut terdapat cekung hidung yang sebelah-menyeblah, pada bagian kepala terdapat sepasang mata, tutup insang Suyanto (2009).

Morfologi adalah bagian luar tubuh ikan mulai dari anterior sampai posterior. Yakni kepala merupakan bagian tubuh mulai dari ujung mulut sampai bagian belakang operculum. Tubuh  (trancus): bagian tubuh mulai dari batas akhir operculum sampai anus. Ekor(cauda):dari anus sampai bagian  ujung sirip ekor bentuk tubuh.
 
Pada tubuh ikan tertutup oleh selaput tipis yang tembus oleh sinar, kulitnya banyak mengandung kelenjar lendir yang berfungsi untuk menghindarkan goresan pada saat ikan berenang dengan cepat. Ikan mempunyai sejumlah sirip, sirip yang berpasangan adalah untuk gerak maju mundur terdapat pada sirip dada dan sirip perut. Sirip tunggal adalah untuk keseimbangan, misalnya sirip punggung dan sirip belakang. Sedangkan sirip belakang terdapat lubang anus  Sutoyo (2009).
 
Ikan bandeng dikenal sebagai ikan petualang yang suka merantau. Ikan bandeng ini mempunyai bentuk tubuh langsing mirip terpedo, dengan moncong agak runcing, ekor bercabang dan sisiknya halus.  Warnanya putih gemerlapan seperti perak pada tubuh bagian bawah dan agak gelap pada punggungnya, Ciri umum ikan bandeng adalah tubuh memanjang agak gepeng, mata tertutup lapisan lemak (adipase eyelid), pangkal sirip punggung dan dubur tertutup sisik, tipe sisik cycloid lunak, warna hitam kehijauan dan keperakan bagian sisi, terdapat sisik tambahan yang besar pada sirip dada dan sirip perut.  Bandeng jantan memiliki ciri-ciri warna sisik tubuh cerah dan mengkilap keperakan serta memiliki dua lubang kecil di bagian anus yang tampak jelas pada jantan dewasa (Suyanto, 1983).

Sistem Integumen adalah system pembalut tubuh yang terdiri dari kulit dan derivatnya-derivatnya, yang meliputiwarna, lender, kulit, sisik, organ cahaya dan kelenjar racun. Kulit terdiri dari dua lapisan yaitula pisan epidermis dan lapisan dermis atau corium, lapisan epidermis adalah bagian dalam, sedangkan lapisan dermis adalah bagian luar. Kulit pada ikan selain sebagai pembalut tubuh juga berfungsi sebagaia alat pertahanan pertama terhadap penyakit, perlindungan dan penyesuaian diri terhadap factor lingkunganya mempengaruhi kehidupan ikan serta alat eksresi dan osmoregulasi.

Berdasarkan bentuk tipe sisik ikan bandeng (Chanoschanos) adalah cycloid yaitu sisik yang memiliki garis-garis melingkar. Warna pada ikan banding (Chanoschanos) yaitu putih perak. Kulit ikan terdiri dari dua lapisan luar yang disebut epidermis dan  lapisan dalam disebut dermis atau corium. Pola warna pada ikan disebabkan oleh tiga hal yaitu karena konfigurasi fisik, pigmen pembaw awarna dan sel khusus yang memberwarna pada ikan.

Sumber:
  • Achjar, M.,  1968.   Perikanan darat.  Sinar baru.  Bandung.
  • Effendy, 2007. Pengelompokan organ-organ pada ikan. Penebar swadaya. Jakarta
  • Fujaya. 2009. Klasifikasi Ikan Bandeng. Penebar Swadaya, Jakarta
  • Mahardono. 1979. Kerangka Ikan Disebut Skelenton. PT. Gramedia, Jakarta
  • Raharjo. 1980. Otot Pembentuk Tubuh Ikan. P.T Gramedia, Jakarta
  • Sutoyo, 2007,Anatomi Komparativa. Penerbit Alumni, Bandung
  • Suyanto. 2009. Morfologi Ikan Bandeng. Penebar Swadaya, Jakarta
  • Sjafei. 1989. Epaksial Dan Hipaksial. P.T Gramedia, Jakarta
  • Anonymous. Cara makan ikan bandeng (http://deradesrita.blogspot.com/2011/11/ikan-bandeng-chanos-chanos.html)
  • Annonimous. Morfologi ikan bandeng http://pengembangan penyuluhansinjai. blogspot. com /2012 /01/pengolahan-bandeng-tanpa-duri.html
  • Anonymous. Sistem rangka ikan bandeng (http://pade mawu. nblogspot. com/2013 /05 /ikan- bandeng.html)
  • Annonimous. Anatomi ikan bandeng (http://deradesrita.blogspot.com/2011/11/ikan-bandeng-chanos-chanos.html)

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: January 23, 2014

1 komentar:

  1. Greetings! Very helpful advice in this particular article!

    It's the little changes that produce the biggest changes.
    Thanks a lot for sharing!

    Here is my page; Ice age adventures hack

    ReplyDelete