Ordo Chimaeriformes

1.1  Latar Belakang (Makalah  Oleh: M. Abd Fathir)
Ordo Chimaeriformes adalah hewan bertulang lunak dari ordo Chimaeriformes, yang disebut juga sebagai hiu hantu, ratfish, atau rabbitfish. Mereka mungkin merupakan “kelompok ikan yang tertua dan paling menyisakan tekateki hingga sekarang”. Pada suatu waktu, sebuah kelompok yang “beraneka ragam dan melimpah-limpah” (berdasarkan penemuan fosil), mengalami masa evolusi sejak sekitar 400 juta tahun yang lalu dan telah terisolasi di laut yang dalam (sekitar 2.600 meter di bawah permukaan laut). Mereka adalah saudara dekat dari hiu (Anonymous, 2003).

Ciri-ciri Ordo Chimaeriformes, yakni: Notochord seperti rantai manik, sedikit berkapur; Mempunyai rahang tubuh; bertulang rawan; Semicircular canal ada 3; Gill arch lengkap dengan arteri &syaraf serta terpisah dengan neurocranium tetapi dihubungkan dengan jaringan penghubung (connective tissue); Mempunyai sirip berpasangan; Sirip pectoral bertipe archipterygeal; hidup di laut dalam; dan Lubang hidung sepasang (Romer, 1959).

1.2 Rumusan Masalah
  • Apa spesies dari Ordo Chimaeriformes?
  • Bagaimana bentuk morfologi dan anatomi dari spesies Ordo Chimaeriformes?

1.3 Tujuan
  • Untuk mendeskripsikan tentang spesies Ordo Chimaeriformes.
  • Untuk menguraikan bentuk morfologi dan anatomi dari spesies Ordo Chimaeriformes.

Bab II
Pembahasan 
     2.1 Spesies Chimaera monstrosa dari Ordo Chimaeriformes
     Chimaera monstrosa adalah ikan kartilaginosa dalam urutan Chimaeriformes, dikenal secara informal sebagai hiu hantu, ratfish, spookfish (dari keluarga Opisthoproctidae), atau baronang (dari keluarga Siganidae). Mereka mungkin menjadi "kelompok ikan tertua dan paling misterius yang masih hidup". Kerabat terdekat mereka adalah hiu , mereka berevolusi hampir 400 juta tahun yang lalu dan tetap terisolasi sejak saat itu. Sekarang  sebagian besar spesies ini hidup pada perairan yang dalam (Anonymous, 2011).

2.2 Bentuk morfologi dan anatomi Chimaera monstrosa
Chimaera monstrosa tinggal dilaut pada kedalaman 2.600 meter (8.500 kaki), dan beberapa berada di laut dangkal pada kedalaman 200 meter (660 kaki), Mereka memiliki ciri ciri tubuh memanjang, lunak, dengan kepala besar dan satu insang -pembukaan. Mereka dapat tumbuh hingga panjang 150 cm (4,9 kaki). Seperti anggota mahluk lainnya dari kelas Chondrichthyes , hiu hantu memiliki kerangka terbuat dari tulang rawan . Kulit mereka halus dan sebagian besar ditutupi oleh sisik placoid , Beberapa spesies memiliki warna antara hitam menjadi abu-abu kecoklatan. Untuk pertahanan, hiu hantu memiliki bisa yang berada pada tulang belakangnya yang terletak di depan sirip punggung. Mereka juga berbeda dari hiu biasa dalam bentuk rahang atas mereka yang menyatu dengan tengkorak mereka dan mereka memiliki anal dan urogenital terpisah . Mereka tidak memiliki banyak gigi tajam seperti hiu lainnya dan hanya memiliki tiga pasang. Ketika dewasa mereka memiliki penutup insang atau operkulum seperti ikan bertulang. Chimaera monstrosa adalah hewan vertebrata karena memiliki tulang belakang dan memiliki sistem otot yang banyak terdiri dari pasangan massa, dan juga sistem saraf pusat yang biasanya terletak di dalam tulang belakang (Anonymous, 2011)

     3.1 Kesimpulan 
Berdasarkan dari isi pembahasan makalah, dapat disimpulkalkan bahwa:
* Chimaera monstrosa merupakan spesies dari ordo Chimaeriformes
* Chimaera monstrosa termasuk spesies tertua yang tergolong ikan yang   misterius
* Spesies Chimaera monstrosa hanya memiliki 3 pasang gigi, tidak seperti hiu yang lainnya

3.2    Saran 

Saya meyadari dengan sepenuhnya bahwa makalah yang saya buat ini belum  begitu sempurna, maka dari itu saya dengan penuh rendah hati mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca guna  penyempurnaan  makalah  berikutnya.

Daftar Pustaka

Anonymous. 2003. Chimaera. http://en.wikipedia.org/wiki/Chimaera. Diakses pada tanggal 11 Januari 2014
Anonymous.  2011. Long Nosed Chimaera. http://fourofkind.blogspot.com/2011/05/long-nosed-chimaera.html. Diakses pada tanggal 11 Januari 20114
Romer. 1959. Superclassis Pisces. http://fadli-ahmad.blogspot.com/2010/12/superclassis-pisces.html. Diakses pada tanggal 11 Januari 2014


Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: January 21, 2014

0 komentar:

Post a Comment