Mengapa Para Blogger Merahasiakan Blog Mereka?

Banyak hal yang melatarbelakangi para Blogger Indonesia selalu merahasiakan blog yang mereka miliki. Bukan karena tidak mau memberikan ilmunya kepada para blogger pemula lainnya tetapi justru blogger pemula selalu membuat para blogger berpengalaman berpikir dua kali sebelum memberikan ilmunya.

Mengapa? Jawaban ini sudah pasti banyak diketahui oleh para blogger berpengalaman. Alasan yang paling krusial yang membuat master enggan memberikan ilmunya pada blogger pemula dapat sobat lihat pada status Facebook Mas Eka Lesmana di bawah ini.

Mengapa Para Blogger Merahasiakan Blog Mereka?

Status yang dibuat Mas Eka Lesmana memang saya akui kebenarannya 100%. Karena hal yang serupa juga pernah saya alami ketika salah satu blog saya sedang naik daun dan selalu muncul di Search Engine Google teman yang selama ini saya ajak sharing dan saya memberikan ilmu yang saya punya kepadanya justru berbalik menggunakan ilmu tersebut untuk hal-hal yang merugikan orang lain.

Ilmu yang saya ajarkan kepada teman saya itu adalah "sebelum kita membuat postingan membuat riset keyword harus diutamakan karena postingan akan selalu berada di atas pencarian Google". Namun apa yang dia lakukan?

Karena sudah tahu rumus ketika saya membuat postingan teman saya itu bukannya membuat postingan justru malah melakukan copy paste artikel yang saya posting. Ketika saya iseng-iseng mencari di Google yang muncul justru postingan dia dan postingan saya.

Meskipun saya sudah memproteksi postingan saya dengan Anti Copy Paste namun tetap saja dia sudah mengetahui apa yang saya ketahui karena kita memang sering sharing. Hal ini membuat saya baru tahu mengapa selama ini Mas Eka Lesmana ketika di wawancara wartawan tidak akan pernah mengatakan identitas blog yang ia punya.

Akhirnya saya melakukan langkah perdamaian dengan mengatakan kepada teman saya bahwa tindakan Copy Paste selain tidak bermoral juga melanggar kebijakan Google karena saya akan memprosesnya ke Google DCMA.

Google DCMA adalah tools yang digunakan sebagai pelindung hak cipta tulisan yang diposting oleh seorang blogger. Apa dampak blog yang dilaporkan ke Google DCMA? Jika postingan yang dilaporkan lebih dari 3 dan jika pelaku Copas menggunakan Flatform dari Blogger atau Wordpress maka akan terjadi sbb:
  • Postingan yang sudah ter-Index di Google akan di hapus
  • Tidak akan pernah bisa daftar Google Adsense
  • Jika jumlah pengaduan ke Google DCMA banyak maka blog tersebut akan di hapus secara permanen.

Karena sudah saya jelaskan akhirnya teman saya menghapus postinga yang ia Copas. Namun setelah beberapa hari kemudian ia kembali Copas lagi dengan di edit sedikit. Akhirnya saya pasrahkan saja pada Google DCMA untuk memproses blog tersebut.

Dari beberapa pengalaman yang saya rasakan di atas ada hal-hal bermakna yang saya dapatkan yakni sbb:
  • Seorang blogger itu wajib rendah hati (Begitu kita mengumbar sedikit saja tentang kualitas postingan dan banyaknya pengunjung blog kita maka ribuan Copaser akan menyerbu blog kita).
  • Tidak ada yang aman dalam dunia internet (Bagaimanapun cara kita melindungi postingan dari para Copaser pasti selalu ada celah bagi mereka melakukan Copas).
  • Tetaplah tabah karena Google memang tidak suka dengan orang yang tak sabar.dan tetaplah semangat menulis karena semua akan indah pada waktunya.

Mungkin itu sedikit kisah yang saya rasakan sama seperti Master Eka Lesmana. Semoga pintu hati para Copas terbuka setelah membaca postingan ini dan mau menghormati karya orang lain. Sesuai kata pepatah "Jika sampean ingin dihormati, maka sampean hormti dulu orang lain".

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: November 10, 2016

0 komentar:

Post a Comment