10 Perbedaan Xiaomi Redmi 3 VS Xiaomi Redmi Note 3

Wasiwa -- Mengetahui perbedaan antara Xiaomi Redmi 3 dan / VS Xiaomi Redmi Note 3 sangat penting untuk menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Kelebihan dan kekurangan kedua smartphone tersebut juga harus di ulas secara rinci agar tidak terjadi kesalahan saat memilih smartphone yang berkualitas bagi keseharian anda.

Sebenarnya kedua smartphone ini dirilis secara tidak bersamaan, Xiaomi Redmi Note 3 lebih dulu launching ketimbang Xiaomi Redmi 3. Namun, Karena kedua smartphone ini memiliki spesifikasi yang hampir sama, terlebih lagi keduanya menggunakan bahan yang sama juga. Tak hanya itu, keduanya juga menggunakan kamera yang sama. Bagaimana mengetahui perbedaan antara Xiaomi Redmi 3 dengan Xiaomi Redmi Note 3? Mari simak ulasan berikut ini:

Dus Box Bagian Depan

Kita mulai dulu dari dus box bagian depan yang menampilkan perbedaan Xiaomi Redmi 3 dengan Xiaomi Redmi Note 3 dari bagian depan dan belakang (perhatikan gambar di atas). Makna dari gambar tersebut yaitu memamerkan body casing yang berbalut metal. Nahh,, kebetulan kedua smartphone ini menggunakan bahan alumunium yang sama.

Dus Box Bagian Belakang

Jika anda perhatikan gambar di atas, perbedaan antara Xiaomi Redmi 3 Vs Redmi Note 3 bisa anda lihat dari spesifikasi unggul yang ditonjolkan pada dus box bagian belakang kedua smartphone tersebut, seperti kamera primer dan sekunder, kapasitas memori internal, kapasitas RAM, prosesor yang digunakan, dll. Dari spesifikasi ringkas tersebut anda bisa menentukan pilihan, namun tidak secara rinci.

Bagian Depan Xiaomi

Perbedaan layar antara Xiaomi Redmi 3 dan Redmi Note 3 juga cukup lumayan. Jika Xiaomi Redmi 3 memiliki layar selebar 5 inchi, maka Redmi Note 3 mempunyai layar 5,5 inchi. Pilih yang mana? Tergantung selera dan kenyamanan tangan anda dalam menggunakan layar yang lebar.

Bagian Belakang Smartphone

Coba anda perhatikan kedua smartphone tersebut, perbedaan Xiaomi Redmi 3 dan Redmi Note 3 terdapat pada letak camera belakang. Kamera pada Redmi 3 berada di bagian sudut kiri atas dengan kapasitas 13 mega pixel yang didampingi ledflash. Sedangkan pada Xiaomi Redmi Note 3 letak kamera berada di sudut tengah atas dengan kapasitas 13 mega pixel dengan didampingi ledflash serta dukungan fingerprint. Sekarang anda yang berhak memilih letak kamera yang manakah yang nyaman menurut anda.

Selain itu, perbedaan berikutnya terletak pada kedudukan speaker. Pada Xiaomi Redmi 3, speaker berada di bagian paling bawah yakni tepat berada pada garis kerangka smartphone. Sedangkan pada Xiaomi Redmi Note 3 berada di atas kerangka smartphone. Lebih elegan mana? pilih sesuai selera anda.

Style cover juga menjadi perbedaan antara Xiaomi Redmi 3 dan Redmi Note 3. Xiaomi Redmi 3 dibalut dengan casing metal yang bergaris-garis, sedangkan pada cover belakang Xiaomi Redmi Note 3 terkesan sederhana dan minimalis. Dalam hal ini, anda jugalah yang berhak menentukan pilihan.

Bagian Sisi Kanan Smartphone

Jika anda perhatikan pada sisi bagian kiri kedua smartphone tersebut, tidak ada perbedaan antara pihak Xiaomi Redmi 3 dengan Xiaomi Redmi Note 3 dalam hal letak volume dan tombol power. Keduanya sama-sama elegan karena menggunakan material alumunium.

Bagian Sisi Kiri Smartphone

Coba anda telusuri pada bagian sisi kiri kedua smartphone seperti pada gambar di atas, tidak ada perbedaan antara Xiaomi Redmi 3 VS Redmi Note 3 dalam hal letak dual sim card-nya. Keduanya sama-sama menggunakan micro SIM yang saat ini masih familyar digunakan dikalangan gadged smartphone.

Bagian Atas Smartphone

Pada bagian atas keduan smartphone tersebut, letak port infrared berbeda antara Xiaomi Redmi 3 dan Xiaomi Redmi Note 3. Pada Redmi 3 port infrared berada di bagian tengah dengan jack 3,5mm berada pada bagian kiri smartphone. Sedangkan pada Redmi Note 3 port infrared berada di bagian kanan dan jack 3,5mm berada pada posisi agak kekiri. Silahkan anda pilih, suka yang mana?

Bagian Bawah Smartphone

Pada bagian ini, sangat jelas perbedaan antara Xiaomi Redmi 3 dengan Xiaomi Redmi Note 3 yaitu pada letak port USB dan microphone. Letak USB pada Xiaomi Redmi 3 berada dibagian tengah dengan didampingi microphone pada bagian kiri USB tersebut. Sedangkan pada Xiaomi Redmi Note 3 letak USB berada dibagian kanan dengan didampingi microphone pada disisi kanan USB. Manakah yang lebih elegan? Setiap mata tentu memiliki pandangan yang berbeda, pilihlah yang menurut anda sesuai.

Perbedaan Spesifikasi

Jika perbedaan antara Xiaomi Redmi 3 dan Xiaomi Redmi Note 3 di atas belum memuaskan anda dari segi Hardware yang kasat mata, maka berikut ini akan di tampilkan perbedaan dari segi hardware yang berada didalam kedua smartphone tersebut serta fitur yang dibawanya. Perhatikan tabel di bawah ini.


Redmi 3 vs Redmi Note 3
5.0 inches Layar 5.5 inches
~294 ppi pixel Resolusi ~403 ppi pixel
V 7.0 MiUI V 7.0
Android OS, v5.1 (Lollipop) OS Android OS, v5.0.2 (Lollipop)
Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616 Chipset Mediatek MT6795 Helio X10
Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
Adreno 405 GPU PowerVR G6200
16 GB, 2 GB RAM Internal 16 GB, 2 GB RAM
Hingga 128 GB Eksternal Tidak ada slot card
13 Mega Pixel Kamera Belakang 13 Mega Pixel
5 Mega Pixel Kamera Depan 5 Mega Pixel
v4.1, A2DP Bluetooth v4.1, A2DP
Tidak NFC Tidak
Ada Infrared Ada
microUSB v2.0, On-The-Go USB microUSB v2.0, On-The-Go
Li-Ion 4100 mAh Baterai Li-Ion 4000 mAh

Dari tabel dibatas tentu masing-masing individu memiliki statment-nya yang berbeda-beda setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kedua smartphone tersebut, serta fitur yang didukungannya. Nahh,,, sekarang anda bisa memutuskannya sendiri.

Bagaimana Cara Mementukan Pilihan?

Seperti data pada tabel di atas yang diambil dari website terpercaya dunia yakni GSMArena, untuk menentukan pilihan ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan. Jika anda nyaman menggenggam layar lebar 5,5 inchi dengan tingkat kejernihan layar setara Samsung Galaxy S6 serta grafis yang tinggi untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game, anda bisa memilih Xiaomi Redmi Note 3

Namun, jika anda ingin smartphone dengan layar yang sedang seperti 5.0 inchi, dengan kejernihan layar yang sedang juga (hanya ~294 ppi pixel), tetapi memiliki baterai monster sebesar 4100 mAh serta support memori eksternal, maka sudah pasti Xiaomi Redmi 3 yang harus anda pilih. Monggo, pilihlah yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing.

Demikianlah postingan 10 Perbedaan Xiaomi Redmi 3 VS Redmi Note 3 yang bisa anda jadikan referensi untuk memilih yang mana yang lebih bagus dari kedua smartphone tersebut, sehingga anda tidak salah dalam memilih yang menimbulkan penyesalan di akhir nanti. Semoga bermanfaat, terimakasih....

Posted by Wasiwa
Wasiwa Updated at: January 17, 2016

2 komentar:

  1. Ada yang support Bolt 4G kah?

    ReplyDelete
  2. ini baru artikel.. konkrit.. yg lain cuma nge link ga jelas.. tulisan bertele-tel..

    thanks gan,,

    ReplyDelete